Siapkan Windows 11 seperti seorang profesional: 10 hal yang harus Anda lakukan di laptop baru Anda

Laptop telah menjadi bagian penting dari teknologi dalam kehidupan kita sehari-hari, dan Anda tidak harus menjadi seorang profesional atau pebisnis untuk membutuhkannya saat ini. Sebagian besar rumah tangga cenderung memiliki setidaknya satu komputer pribadi yang digunakan bersama oleh anggota keluarga. Jika Anda baru saja memesan laptop baru atau jika ini adalah komputer pertama Anda, ada beberapa hal penting yang harus Anda lakukan segera sebelum melakukan hal lainnya. Tugas-tugas ini akan memastikan laptop Anda berjalan seperti baru lebih lama, dan Anda mendapatkan kinerja terbaik yang Anda bayarkan.

Siapkan Windows 11 seperti seorang profesional: 10 hal yang harus Anda lakukan di laptop baru Anda

Buat profil pengguna

Jika ada beberapa orang di rumah yang mengakses laptop yang sama, sebaiknya buat profil individual untuk setiap orang. Ini memberi setiap pengguna ruang yang dipersonalisasi, seolah-olah laptop mereka sendiri. Ini juga berguna untuk melindungi informasi sensitif yang mungkin tidak ingin Anda temukan atau lebih buruk lagi, terhapus secara tidak sengaja oleh anak-anak Anda.

Baca juga: Panduan membeli laptop: 10 hal yang perlu Anda periksa sebelum membeli laptop yang tepat

Di Windows 11, buka Setelan > Akun > gulir ke bawah dan klik Pengguna lain. Klik tombol 'Tambah akun'. Jika Anda tidak ingin menggunakan akun Microsoft orang tersebut, klik 'Saya tidak memiliki informasi masuk orang ini' lalu klik 'Tambah pengguna tanpa akun Microsoft.' Setelah akun dibuat, Anda dapat mengatur jenis akun sebagai 'Standar' atau 'Administrator.' Yang terakhir memberi Anda kontrol penuh atas Windows seperti kemampuan untuk menginstal aplikasi dan mengubah pengaturan sistem, jadi sebaiknya batasi akses tersebut hanya untuk beberapa pengguna di rumah.

Transfer data dari laptop lama Anda

Cara tercepat untuk memindahkan semua file dari laptop lama ke laptop baru adalah dengan menyalin semuanya ke drive portabel, lalu menyalinnya ke laptop baru. Ini memberi Anda kendali yang lebih baik atas cara Anda ingin mengatur data di laptop baru. Anda juga dapat menyalin data dalam beberapa bagian, jika drive Anda tidak cukup besar. Metode alternatif adalah mengunggah data di laptop lama ke cloud, lalu mengunduhnya kembali ke laptop baru. Proses ini bisa lebih cepat atau lebih lama, tergantung pada kecepatan koneksi internet Anda.

Baca juga: Berencana membeli laptop baru? Berikut cara memilih CPU Intel yang tepat untuk komputer Anda

Perbarui Windows

Setelah Anda menyiapkan laptop baru, ada baiknya untuk menjalankan Windows Update guna memeriksa apakah ada driver atau patch yang dapat diunduh. Anda akan menemukan ini sebagai opsi terakhir di menu Setelan. Mungkin butuh waktu beberapa bulan (kebanyakan lebih lama) sejak laptop Anda dikemas, diangkut ke penjual di mana ia disimpan di gudang, hingga sampai ke tangan Anda, jadi mungkin akan selalu ada banyak pembaruan yang menunggu. Seperti perangkat lunak lainnya, driver perangkat keras dan patch perangkat lunak untuk program terus dirilis, jadi sebaiknya Anda memeriksa pembaruan secara berkala agar Windows tetap berjalan lancar.

Copot pemasangan aplikasi bundel yang tidak diinginkan

Apa pun merek laptop yang Anda pilih, akan selalu ada aplikasi yang sudah terpasang sebelumnya, seperti halnya ponsel pintar. Aplikasi ini bisa berupa versi lengkap aplikasi seperti Netflix dan Dropbox, atau program uji coba seperti perangkat lunak antivirus. Periksa daftar aplikasi bawaan, dan hapus aplikasi yang tidak Anda perlukan. Hal ini tidak hanya akan membebaskan sebagian ruang, tetapi juga akan mencegah aplikasi tersebut menghabiskan sumber daya latar belakang.

Batasi program startup

Keluhan umum dari pengguna Windows adalah laptop mereka butuh waktu lama untuk menyala. RAM yang tidak mencukupi bisa jadi salah satu alasannya, tetapi lebih sering, semakin banyak program yang menyala bersama Windows, semakin lambat waktu yang dibutuhkan untuk booting. Setiap kali kita menginstal aplikasi baru, banyak di antaranya yang cenderung menyala bersama Windows. Anda dapat menonaktifkan aplikasi yang tidak Anda perlukan saat Anda menyalakan laptop. Semakin sedikit program, semakin cepat Windows menyala dan siap digunakan.

Baca juga: Cara membeli laptop gaming: Pilihan CPU dan GPU, tips tentang cara membuat pilihan yang tepat

Windows 11 membuat proses ini sangat mudah. ​​Cukup buka Setelan > Aplikasi > Startup. Dari sini, cukup alihkan sakelar ke 'Nonaktif' untuk semua program yang tidak Anda perlukan saat ini. Anda bahkan dapat mengurutkan berdasarkan 'Dampak startup' dan menonaktifkan program yang tidak diinginkan yang memiliki peringkat 'Dampak tinggi'.

Nonaktifkan sinkronisasi OneDrive

Saat pertama kali masuk ke Windows 11 dengan akun Microsoft, Anda juga akan masuk ke OneDrive yang secara otomatis mulai mencadangkan folder Desktop, Dokumen, dan Gambar. Kebanyakan orang tidak menyadari hal ini karena ikon awan kecil di bilah tugas mudah terlewatkan. Karena banyaknya file di laptop, ikon ini dapat dengan cepat menghabiskan ruang kosong 5 GB, belum lagi menghabiskan sumber daya di latar belakang.

Anda dapat dengan mudah memilih folder mana yang ingin disinkronkan atau menonaktifkan sinkronisasi sepenuhnya dengan mengeklik ikon bilah tugas > Setelan > Sinkronisasi dan pencadangan > Kelola pencadangan. Saya pribadi memilih opsi untuk memutuskan tautan PC saya dari pencadangan OneDrive, sehingga sinkronisasi tidak akan dilanjutkan meskipun terjadi secara tidak sengaja di masa mendatang.

Ubah peramban default Anda

Peramban Microsoft Edge kini cukup berguna karena Copilot telah terintegrasi dengannya. Namun, jika Anda memerlukan peramban lain untuk keperluan pekerjaan atau sekadar preferensi pribadi, sebaiknya ubah pengaturan peramban default di Windows ke peramban yang Anda inginkan. Setelah memasang peramban pilihan Anda, Anda akan secara otomatis mendapatkan perintah untuk menjadikannya opsi default. Jika tidak, cukup buka Setelan > Aplikasi > Aplikasi default > Temukan peramban Anda dan klik tombol 'Tetapkan default'. Sekarang, setiap kali Anda mengeklik tautan dalam email, tautan tersebut akan secara otomatis terbuka di peramban pilihan Anda.

Instal aplikasi dasar

Windows 11 mampu menangani semua jenis file populer secara default. Laptop baru Anda kemungkinan besar juga dilengkapi dengan salinan Microsoft Office yang sudah terinstal. Namun, ada beberapa aplikasi yang saya sarankan untuk digunakan karena terkadang lebih baik daripada opsi default pada Windows.

• VLC: Ini telah menjadi pemutar media favorit banyak orang selama beberapa dekade, dan masih termasuk yang terbaik. VLC dapat memutar hampir semua format berkas video dan tidak membutuhkan banyak sumber daya.

• Mode Gelap Otomatis: Ini adalah aplikasi sederhana yang memungkinkan Anda mengubah pengaturan tema Windows menjadi gelap, secara otomatis saat matahari terbenam atau waktu tertentu.

• Adobe Reader: Aplikasi hebat untuk membuka berkas PDF.

• LibreOffice: Alternatif yang bagus dan sumber terbuka untuk perangkat lunak Microsoft Office.

Periksa pengaturan daya dan pengisian daya

Secara default, mode daya laptop Anda harus diatur ke profil 'Balanced', yang menawarkan perpaduan yang baik antara kinerja dan penghematan daya. OEM laptop Anda juga harus memiliki aplikasinya sendiri untuk mengelola pengisian daya dan penyaluran daya. HP misalnya, memiliki aplikasi bernama Command Centre yang memungkinkan Anda memilih berbagai profil daya. Beberapa OEM bahkan memungkinkan Anda membatasi pengisian daya baterai hingga 80% jika Anda memiliki kebiasaan selalu mencolokkan laptop. Ini membuat baterai Anda bertahan lebih lama.

Siapkan cadangan cloud

Jika Anda memiliki file sensitif di laptop atau data yang tidak ingin Anda hilangkan, jangan lupa untuk mengatur sistem cadangan di laptop Anda dengan layanan cloud yang Anda gunakan. Layanan populer seperti Dropbox dan Google Drive memiliki aplikasi Windows yang memungkinkan Anda memilih semua folder yang ingin Anda cadangkan setiap saat. Setiap perubahan yang dilakukan pada folder ini secara otomatis disinkronkan di cloud.

Baca Juga